Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Dengan Tepat

bermain game online
bermain game online

Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Dengan Tepat – Ketergantungan bermain game tidak hanya dialami oleh anak-anak ataupun remaja, orang dewasa pun bisa kecanduan dengan permainan daring tersebut. Meskipun sebenarnya game online juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres.

Akan tetapi segala sesuatu yang dikerjakan secara berlebihan tentunya bukanlah hal yang baik. Begitu pula dengan bermain game, jika Anda terlalu sering bermain game dan melakukannya secara berlebihan maka akan menimbulkan dampak yang buruk seperti kecanduan bermain game daring.

Tidak sedikit juga orang-orang yang menjadikan game sebagai hobi untuk sekadar mengisi waktu luang di saat sedang tidak sibuk. Nah, jika masih dilakukan secara wajar dalam waktu tertentu serta tidak mengganggu kondisi kesehatan dan aktivitas sehari-hari Anda maka kebiasaan ini tidak akan menimbulkan masalah yang serius.

Namu sebaliknya, jika Anda bermain game hingga menyebabkan adiksi atau kecanduan, maka Anda mesti bersikap waspada terhadap kondisi tersebut. Berikut akan diuraikan beberapa tips untuk mengatasi gangguan karena kecanduan bermain game online.

READ  Rekomendasi Game Online Bertema Edukasi Untuk Anak-Anak

Membuat Batasan Waktu Saat Bermain Game

Membatasi waktu saat bermain game merupakan salah satu cara untuk mengatasi sekaligus mencegah terjadinya adiksi terhadap permainan online. Jika sebelumnya Anda menghabiskan waktu yang lama saat bermain game dan belum membatasi waktu bermain Anda, maka mulai dari sekarang cobalah untuk memberikan batas waktu dan membuat jadwal saat bermain game, misalnya Anda memutuskan untuk bermain hanya selama 1 jam tiap hari.

Dengan jadwal yang seperti ini, maka bisa membuat membuat aktivitas sehari-hari Anda lebih teratur serta dapat membagi waktu antara bermain game dan menyelesaikan kewajiban lainnya. Bila perlu, menyetel pengingat di ponsel Anda juga merupakan ide yang bagus.

Mencari Dan Menekuni Hobi Yang Baru

READ  Game Online Heartstone Terpopuler

Berolahraga, melukis, membaca buku ataupun bermain alat musik bisa menjadi pilihan Anda untuk menekuni hobi baru dan mengurangi obsesi terhadap permainan daring. Daripada bermain game online, mencari hal baru seperti tadi bisa mengalihkan perhatian Anda dari menggunakan komputer atau ponsel.

Rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik tidak hanya mengatasi kecanduan Anda, tetapi juga bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan bugar serta mencegah munculnya masalah kesehatan karena kecanduan permainan daring.

Menyimpan Perangkat Game Di Luar Kamar

Seseorang yang telah kecanduan bermain game biasanya memakai kamar tidur sebagai tempat bermain game dan menghabiskan waktu hingga larut malam bermain game, alasannya karena suasana di dalam kamar sangat nyaman.

Kebiasaan ini tentu saja bisa mengganggu waktu tidur Anda dan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Untuk mengatasi kebiasaan tersebut, sebaiknya Anda menyimpan di luar kamar tidurbeberapa perangkat yang bisa digunakan untuk bermain game  seperti konsol game, komputer, dan ponsel Anda. Sehingga kebiasaan buruk Anda ketika bermain game bisa dikurangi.

READ  5 Game Tebak Gambar, Permainan Seru Untuk Asah Otak

Berkonsultasi Dan Menjalani Psikoterapi

Apabila misalnya tips-tips yang telah diuraikan sebelumnya tetap tidak bisa mengatasi dan memperbaiki masalah kecanduan bermain game, maka cobalah untuk melakukan konsultasi ke psikiater ataupun psikolog.

Biasanya untuk kasus yang seperti ini, dokter ataupun psikologi akan memberikan saran untuk melakukan psikoterapi. Salah satu teknik psikoterapi yang bisa diterapkan untuk mengatasi kecanduan permainan online ialah dengan melakukan cognitive behavioral therapy (CBT) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan terapi koginitif perilaku.

Kecanduan dan obsesi terhadap game online adalah gangguang kesehatan mental yang belakangan sering terjadi. Maka sebelum hal itu juga menyerang Anda, sebaiknya ikuti tips-tips yang telah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

About the Author: Admin